BITUNG, MANADOLIVE.CO.ID- Banyaknya keluhan pelanggan PDAM Dua Sudara Bitung terkait pelayanan air bersih yang sering terjadi kemacetan hampir di seluruh wilayah Kota Bitung.
Kepada sejumlah wartawan Direktur PDAM Dua Sudara Bitung Raymond Luntungan,ST menerangkan bahwa ketersediaan air bersih dari hasil penelitian masih cukup sampai 25 tahun kedepan.
Hingga kini pihaknya masih mengandalkan 11 sumber air, 3 dari sungai Girian dan 8 lainnya dari mata air.
Sedangkan persoalan kemacetan air disebabkan banyak jaringan pipa rusak di area pembangunan jalan tol yang secara berangsur di perbaiki.
Selanjutnya dia mengaku pihaknya terus berupaya agar mendapat bantuan dana dari APBD maupun APBN khusus menyambung ke warga yang belum terpasang jaringan PDAM.
Salah satu pula yang menyebabkan operasional PDAM lambat yakni sekitar 50 persen pelanggan menunggak dan tidak mau membayar di perkirakan mencapai Rp.43 Miliar.
Dirinya berharap Pemerintahan baru Walikota Maurits Mantiri dan wakil walikota Hengky Honandar pelayanan PDAM Dua Sudara Bitung semakin hebat. (Red)