Dinsos Mitra Gelar Sosialisasi dan Bimtek Terkait SIKS-NG

MITRA, MANADO LIVE.CO.ID – Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Minahasa Tenggara mengelar sosialisasi sekaligus Bimbingan Teknis (bimtek) bagi operator desa terkait Aplikasi Nasional yaitu, Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) di halaman kantor Dinsos, Rabu, 06 April.

Kepala Dinas Sosial Selvie Nancy Lendombela,menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan bimtek aplikasi SIKS-NG ini khusus bagi operator desa/kelurahan dalam rangka pengelolaan data terpadu kesejahteraan sosial di tingkat dasa/kelurahan sehingga mendapatkan data yang valid, akuntabel dan berkelanjutan.

“Saya berpesan kepada saudara sekalian selaku operator desa dan kelurahan, ikutilah sosialisasi dan bimtek ini dengan sebaik-baiknya, agar saudara dapat menjadi operator aplikasi SIKS-NG yang aktif dan cakap dalam entri data serta menghasilkan data yang lebih akurat, riil serta menjadi database data terpadu kesejahteraan sosial masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Mitra,”ucap Lendombela.

 

Aplikasi SIKS-NG ini memuat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kemensos yang menjadi acuan pemerintah pusat untuk menentukan masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial yang bersumber dari APBN, sesuai Permensos nomor 3 tahun 2021 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial memikirkan bahwa data terpadu kesejahteraan sosial menjadi dasar acuan dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, perlu dikelola dengan baik, akuntabel, dan berkelanjutan.

“Jadi, aplikasi SIKS-NG ini untuk verifikasi dan validasi, dan penetapan data yang diperlukan untuk memastikan aksesibilitas, keandalan, ketepatan waktu dan akuntabilitas data dalam penggunaannya,” Ujar Kadis Lendombela.

Di ketahui Bimtek diikuti sebanyak 135 perwakilan desa/kelurahan se-Kabupaten Mitra yang dibagi dalam 2 sesi untuk protokol kesehatan. Adapun peserta yang mengikuti bimtek ini adalah operator desa dan kelurahan se-Mitra.(**Dolfi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *