TOMOHON, MANADOLIVE.CO.ID-
Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, SH didampingi Sekretaris Daerah Edwin Roring, SE, ME memimpin Rapat terbatas Pejabat Eselon II di Jajaran Pemerintah Kota Tomohon bertempat di Rumah Dinas Walikota Tomohon Kelurahan Walian Dua Kecamatan Tomohon Selatan, pada Hari Selasa, 25/10/2022.
Rapat dinas yang dilakukan dalam suasana informal tersebut membahas kondisi & capaian2 2022, Rencana Program Tahun 2023 dan 2024 serta program lainnya yang menyentuh kepentingan masyarakat Kota Tomohon.
Turut hadir dalam rapat tersebut seluruh Pejabat Eselon II di Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.
Dalam kegiatan tersebut ada beberapa Catatan penting Walikota di sampaikan antara lain,
1. Perangkat Daerah secara kontinu melakukan akselerasi/percepatan Visi dan Misi serta program unggulan Walikota dan Wakil Walikota, termasuk percepatan realisasi prog & kegiatan srt anggarannya.
2. Harus memperhatikan dengan cermat setiap Rencana program dan kegiatan tahun 2023, agar pro rakyat atau dengan kata lain kegiatan yang tidak pro rakyat agar dikurangi secara signifikan, kecuali yang sifatnya urgent.
3. Agar tahun 2023 mampu membuat terobosan/inovasi terhadap program dan kegiatan yang ditetapkan serta dilaksanakan.
4. Melakukan percepatan Indikator Kinerja Kunci (IKK) terhadap 8 area intervensi MCP Korsupgah KPK yang meliputi perencanaan & penganggaran APBD, pengadaan barang & jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola dana desa.
5. Semua pejabat harus tetap siaga & cepat memberi respons terhadap aspirasi serta keluhan masyarakat, termasuk dalam menghadapi kondisi darurat. Segera tanggani apa yg SDH bisa di tanggani segera & laporkan.
6. Memantapkan komunikasi & koordinasi antar pejabat, saling melengkapi, satu hati, satu langkah, dan bekerja sebagai satu tim yang kuat (team work) yg hebat.
7. Selalu memperhatikan mekanisme kerja secara hirarki. Agr satu komando yg terkoordinasi efektif, agr pemerintahan berjalan efektif. Mekanisme birokrasi agr disederhanakan, jgn menyulitkan.
8. Seluruh pejabat & ASN wajib menguasai tugas pokok dan fungsi, termasuk kegiatan di masing-masing perangkat daerah dan hal-hal teknis.
9. Memastikan agar Pejabat JPT, JA, JFT, JFU & Nakon semua mau di atur. tidak bisa ada yang tidak bisa diatur, dan jika ditemukan perilaku tidak bisa diatur, segera dilaporkan untuk dievaluasi.
10. Melakukan perhitungan secara teliti, cermat dan kawal dgn baik terhadap perencanaan anggaran pd komponen item-item gaji, tunjangan, TPP, honor tenaga kontrak, serta kewajiban pajak yang harus dipotong. Ditegaskn lagi agr Kepala SKPD, memastikan pembayaran Gaji & tunjangan trmsk TPP & Honor Nakon TERBAYARKAN TEPAT WAKTU.
11. Tiap perangkat daerah wajib membuat gerakan menanam ubi batata untuk menopang cadangan pangan keluarga dalam menghadapi potensi terjadinya krisis pangan ke depan serta sbg upaya pengendalian inflasi.
12. Setiap SKPD, di WAJIBkan buat terobosan dlm pelayanan publik, agr masyarakat makin dimudahkan & di masukkan ke pimpinan utk menjadi bahan penilaian.
13. Agr berikan dukungan yg optimal dlm peringkat Hari Anti Korupsi sedunia (Hakordia).
14. Kepala SKPD, agr sudah mulai memprsiapkn Ranwal Renja 2024.